Monday, June 23, 2014

LAMONGAN GREAN AND CLEAN


Setelah berhasil menyertakan satu RT tiap kecamatan di Lamongan menjadi peserta perintis Program Lamongan Green and Clean (LGC). Tahun ini, panitia LGC mempunyai target, tiap kecamatan wajib memiliki Bank Sampah.

“Kita targetkan tahun ini ada satu Bank Sampah di masing-masing kecamatan. Bukan hanya itu, diharapkan lewat LGC jilid III ini akan terbentuk 182 Bank Sampah yang professional,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Lamongan Sukiman saat membuka workshop LGC III “Menuju Lamongan Merdeka dari Sampah Melalui Mank Sampah, di Ruang Sabha Dyaksa Pemkab, Selasa

Pada kesempatan itu Sukiman juga menyampaikan hasil evaluasi pemilahan sampah di Program LGC tahun lalu. Menurutnya, masih ada sejumlah titik yang belum memisahkan antara sampah organik dengan yang anorganik. “Saya berharap nanti semua sampah sudah terpilah sebelum diproses,” kata dia.

Untuk memacu semangat para anggota LGC akan menggelar lomba pemukiman untuk tingkatan maju, berkembang dan perintis. “Tahun ini kita juga melombakan untuk tiga kategori lainnya. Yakni Lomba Bank Sampah, Green School dan Green Office. Khusus untuk Lomba Green Office, BLH tidak akan ikut serta agar berjalan fair,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, calon peserta LGC III diberikan pedoman teknis terkait materi penjurian masing-masing kategori. “Lamongan tahun ini targetkan bisa memboyong Adipura Kencana. Karena itu saya jamin penjurian LGC akan berlangsung fair. Mereka nanti yang dinyatakan juara saya jamin memang pantas menjadi juara,” tegas dia.

Program LGC lewat partisipasi masyarakat diklaim sukses mengelola timbulan sampah hingga 25 persen atau 28,3 meter kubik. Sementara di tahun ini, LGC menargetkan timbulan sampah yang bisa dikurangi mencapai 40 persen.

Pada LGC jilid II, kesuksesannya didukung peran serta oleh 4.642 kader lingkungan di Kota Lamongan. Bahkan partisipasi masyarakat sangat tinggi, mencapai sebesar Rp 2,320 miliar.

Sedangkan nilai ekonomis dari pengelolaan Bank Sampah berupa sampah kering mencapai Rp 245 juta dan Rp 177 juta untuk sampah basah. “Tingginya partisipasi masyarakat dalam Program LGC juga ditunjukkan dengan munculnya berbagai inovasi. Diantaranya dengan adanya waste water treatment, atau perangkat pengelola air limbah, di 20 RT,
thumbnail
Judul: LAMONGAN GREAN AND CLEAN
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Berita :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2012-2017. About - Sitemap - Contact - Privacy
Gelandangan berdasi